Jadwal Kereta Api – Gapeka 2017

Biasanya pada bulan April, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjen KA) Kementerian Perhubungan RI akan melakukan pengubahan jadwal perjalanan kereta api di Indonesia ini. Melalui account Twitter resmi @perkeretaapian berikut adalah beberapa perubahan, penambahan maupun pengurangan jadwal keretapi yang efektif akan berlaku mulai tanggal 1 April 2017 yang disusun dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka 2017).

Kereta Api Kelas Argo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kereta Api Kelas Eksekutif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kereta Api Kelas Campuran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kereta Api Kelas Bisnis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kereta Api Kelas Ekonomi AC (Kemenhub)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kereta Api Kelas Ekonomi Jarak Jauh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kereta Api Kelas Ekonomi Jarak Menengah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedangkan jadwal untuk kereta api Ekonomi Jarah Pendek dan Lokal sampai saat ini belum bisa ditampilkan datanya.

 

Perubahan, Penambahan dan Pengurangan Perjalanan Kereta Api

Penambahan Kereta Api
  1. Kereta Api (KA) Ranggajati relasi Cirebon-Surabaya Gubeng – Jember (Eksekutif & Bisnis).
  2. KA Ambarawa Ekspress relasi Surabaya Turi – Semarang Poncol (Ekonomi AC)
  3. Kereta Commuter Bandara Soekarno Hatta.
Penghapusan Kereta Api
  1. KA Tegal Arum relasi Tegal – Pasar Senen (Ekonomi Jarak Menengah)
  2. KA Sarangan relasi Surabaya Gubeng – Madiun (Bisnis)
  3. KA Cepu Express relasi Surabaya Pasar Turi – Cepu – Semarang Poncol (Lokal)
  4. KA Arjuna relasi Surabaya Kota – Madiun
  5. KA Madiun Jaya relasi Madiun – Yogyakarta.

Sejumlah KA yang dihapuskan akan digantikan oleh KA yang mengalami perpanjangan relasi, seperti pada KA Sarangan yang digantikan dengan KA Mutiara Selatan yang diperpanjang rutenya hingga ke Malang.

Pengurangan Frekuensi Perjalanan
  1. KA Menoreh relasi Semarang Tawang – Pasar Senen (Ekonomi AC),
  2. KA Blora Jaya relasi Bojonegoro – Semarang Poncol (Lokal)
  3. KA Ciremai relasi Cirebon – Cikampek – Bandung (Eksekutif Bisnis).
Perubahan Relasi Kereta Api
  1. KA Cirebon Express relasi Cirebon – Gambir menjadi KA Tegal Bahari relasi Tegal – Gambir
  2. KA Ciremai relasi Cirebon – Cikampek – Bandung menjadi Semarang Tawang -Cikampek – Bandung.
  3. KA Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng – Bandung menjadi Bandung – Surabaya Gubeng – Malang
  4. KA Krakatau relasi Kediri Kampung Bandan – Merak menjadi Blitar – Kampung Bandan – Merak
  5. KA Joglo Ekspres relasi Solo Balapan – Yogyakarta menjadi KA Joglokerto relasi Solo Balapan – Purwokerto
  6. KA Probowangi relasi Surabaya Kota – Banyuwangi menjadi Surabaya Gubeng – Banyuwangi.

 

Perubahan stasiun pemberhentian

Selain membahas mengenai perubahan jadwal, Ditjen KA Kemenhub RI juga merilis perubahan stasiun tempat menaikturunkan penumpang untuk sejumlah kereta api jarak jauh dan menengah sebagai berikut:

Daerah Operasi I Jakarta
  1. Stasiun Jatinegara: untuk Kereta Api Kertajaya dan Tawang Jaya; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 berhenti normal, maka dalam GAPEKA 2017 (dan telah diterapkan sejak menggunakan rangkaian panjang 14 kereta pada tahun 2016) hanya melintas langsung.
  2. Stasiun Bekasi: untuk Kereta Api Argo Jati, Argo Parahyangan, Gajayana, Tegal Bahari, Cirebon Ekspres, Jayabaya, Kertajaya, Tawang Jaya, dan Serayu; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  3. Stasiun Karawang: untuk Kereta Api Jayabaya dan Krakatau; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
Daerah Operasi II Bandung
  1. Stasiun Purwakarta: untuk Kereta Api Argo Parahyangan; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
Daerah Operasi III Cirebon
  1. Stasiun Haurgeulis: untuk Kereta Api Tegal Bahari, Cirebon Ekspres, Gaya Baru Malam Selatan, dan Tawang Jaya; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  2. Stasiun Pegadenbaru: untuk Kereta Api Tegal Ekspres; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  3. Stasiun Tanjung: untuk Kereta Api Tegal Bahari; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  4. Stasiun Babakan: untuk Kereta Api Tegal Bahari dan Tawang Jaya; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  5. Stasiun Ciledug dan Stasiun Ketanggungan: untuk Kereta Api Sawunggalih; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 berhenti normal, maka dalam GAPEKA 2017 hanya melintas langsung.
Daerah Operasi IV Semarang

Tidak ada perubahan

Daerah Operasi V Purwokerto:
  1. Stasiun Bumiayu: untuk Kereta Api Fajar Utama Yogyakarta, Jaka Tingkir, Gajah Wong, Krakatau, dan Gaya Baru Malam Selatan; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  2. Stasiun Gandrungmangun: untuk Kereta Api Kutojaya Selatan dan Serayu; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  3. Stasiun Maos: untuk Kereta Api Purwojaya; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  4. Stasiun Gumilir: untuk Kereta Api Purwojaya; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 berhenti normal, maka dalam GAPEKA 2017 hanya melintas langsung.
Daerah Operasi VI Yogyakarta
  1. Stasiun Solo Jebres: untuk Kereta Api Bangunkarta; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 (dan telah diterapkan sejak revisi jadwal bulan Desember 2016) dijadwalkan berhenti normal.
Daerah Operasi VII Madiun
  1. Stasiun Blitar: untuk Kereta Api Krakatau, Brantas, dan Kahuripan; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 hanya melayani perjalanan dari dan menuju Kediri, maka dalam GAPEKA 2017 diperpanjang sampai dengan Blitar.
  2. Stasiun Nganjuk: untuk Kereta Api Gajayana dan Krakatau; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  3. Stasiun Kertosono: untuk Kereta Api Gajayana, Turangga, dan Malabar; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
Daerah Operasi VIII Surabaya
  1. Stasiun Malang: untuk Kereta Api Mutiara Selatan; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 hanya melayani perjalanan dari dan menuju Surabaya Gubeng, maka dalam GAPEKA 2017 (dan telah diterapkan sejak revisi jadwal bulan Oktober 2016) diperpanjang sampai dengan Malang.
  2. Stasiun Malang Kotalama: untuk Kereta Api Gajayana, Malioboro Ekspres, Malabar, dan Majapahit; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  3. Stasiun Surabaya Gubeng: untuk Kereta Api Probowangi; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 hanya melayani perjalanan dari dan menuju Surabaya Kota, maka dalam GAPEKA 2017 dipangkas hanya sampai Stasiun Surabaya Gubeng.
  4. Stasiun Wonokromo: untuk Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan, Pasundan, Logawa, dan Sritanjung; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  5. Stasiun Bangil, Babat, dan Lamongan: untuk Kereta Api Jayabaya; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
  6. Stasiun Wlingi: untuk Kereta Api Malioboro Ekspres; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 melintas langsung, maka dalam GAPEKA 2017 dijadwalkan berhenti normal.
Daerah Operasi IX Jember
  1. Stasiun Jatiroto: untuk Kereta Api Mutiara Timur; bila sebelumnya dalam GAPEKA 2015 berhenti normal, maka dalam GAPEKA 2017 hanya melintas langsung.

 

Demikian informasi yang bisa dihimpun saat ini mengenai jadwal terbaru kereta api berdasarkan GAPEKA 2017 yang mulai berlaku tanggal 01 April 2017 nanti. Semoga dapat menjadi referensi untuk merencanakan perjalanan Anda nanti.

 

Spread the love
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *