Netinstall MikroTik RB941-2nd

Routerboard MikroTik RB941-2nd adalah salah satu routerboard murah untuk kelas SOHO yang harganya sangat terjangkau. Kelemahan dari routerboard ini adalah internal storagenya yang kecil hanya 16MB dan karena menggunakan arsitektur SMIPS tidak banyak package yang disediakan oleh MikroTik yang dapat kita install ke dalam routerboard.

Selain itu untuk melakukan Netinstall ke routerboard ini juga agak sedikit berbeda. Routerboard RB941-2nd mempunyai tombol reset (RES) di panel depan sekaligus juga untuk mengaktifkan fungsi WPS. Tombol RESET ini mempunyai 3 fungsi:

  1. Untuk mereset routerboard ke kondisi default: tekan dan tahan (hold) tombol RESET selama proses booting sampai dengan lampu LED di panel berkedip (total waktu lebih kurang 5 detik),
  2. Mengaktifkan mode CAPs: hold tombol RESET seperti langkah nomor 1 tetapi lebih lama lagi lebih kurang 5 detik sampai denganĀ  lampu LED menyala utuh tidak berkedip (total waktu lebih kurang 10 detik),
  3. Mengaktifkan mode Netinstall: hold tombol RESET seperti langkah nomor 2 dengan lebih lama lagi lebih kurang 5 detik sampai program Netinstall mendetksi routerboard (total waktu lebih kurang 15 detik)

Sesuai dengan penjelasan di atas maka langkah untuk melakukan Netinstall pada routerboard MikroTik RB941-2nd adalah sebagai berikut:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Netinstall dari situs MikroTik (https://mikrotik.com/download).
  2. Download software RouterOS sesuai dengan arsitektur routerboard yang akan diinstall (berakhir .zip) dari halaman yang sama.
  3. Setting IP Address laptop/komputer yang akan digunakan untuk melakukan Netinstall, sebagai contoh: 192.168.88.20 (bebas, tidak harus menggunakan IP Address ini).
  4. Jalankan program Netinstall.
  5. Klik tombol Net booting dan aktifkan pilihan Boot Server enabled. Isikan Client IP Address dengan 192.168.88.10 (boleh menggunakan IP Address lain yang penting satu network yang sama dengan komputer/laptop yang menjalankan program Netinstall).
  6. Hubungkan komputer/laptop ke RB941-2nd dengan kabel UTP di port WAN (ether1).
  7. Tekan dan jangan dilepaskan (hold) tombol RESET RB941-2nd sambil memasukkan kabel power dari adaptor selama lebih kurang 15 detik sampai routerboad berhasil dideteksi oleh Netinstall.
  8. Pada program Netinstall: pilih device routerboard yang akan dilakukan Netinstall. Kemudian klik tombol Browse untuk menentukan package RouterOS yang akan diinstall ke routerboard.
  9. Klik tombol Install dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  10. Routerboard akan reboot dengan versi RouterOS yang kita pilih pada saat instalasi dengan konfigurasi kosong (blank).

 

 

Spread the love
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *